Home » , , , , , , , , » Sungai Cimandiri lahan Prnghasil Batu Mulia

Sungai Cimandiri lahan Prnghasil Batu Mulia

Written By Yosep Lesmana on Thursday, January 1, 2015 | 1:57 AM


Sungai cimandiri adalah salah satu sungai terpanjang di Provinsi Jawa Barat. sungai cimandiri menjadi salah satu objek wisata, juga sebagai sarana untuk PLTA. 

Di cimandiri banyak terdapat batu prasasti, yang batu saja ditemukan di daerah baros. 
Berikut kutipan dari http://m.pikiran-rakyat.com:

"SUKABUMI, (PRLM).- Warga kembali menemukan batu prasasti yang diduga peninggalan kerajaan Pajajaran. Temuan prasasti bertuliskan huruf dan bahasa semasa Prabu Siliwangi berkuasa itu, setelah sepekan  warga melakukan penyisiran. Temuan prasasti sepanjang  setengah meter persegi di dasar Sungai Cimandiri tepatnya di Blok Leuwi Lisung, Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Minggu (30/7), kembali mengejutkan warga sekitar". 

Selain sebagai salah satu penghasil batu prasasti, juga terdapat Hewan Sidat atau yang masyarakat sukabumi selatan sebut LUBANG, salah satu hewan paforit para pemancing. 
Selain penghasil yang diat, juga ada penambangan pasir, juga salah satu sentra penghasil batu split yang berkualitas. 

Baru-baru ini semakin melambungnya hobi batu akik, maka batu-batu yang dulu populer seperti batu pancawarna, kinyang bodas, kinyang madu dan kecubung. ternyata batu yang pernah populer dan harganya cukup fantastis yaitu kalimaya banten. ternyata terdapat juga di alor cimandiri. 
Ketika ngobrol dengan seorang bapa, dia mengaku mendapat batu kalimaya di cimandiri daerah penambangan batu split di kawasan Mariuk. Haya sebesar jari kaki orang dewasa dan panjang sekitar 10 cm. dia jual dengan harga 3jt rupiah. 

Tren cincin batu sekarang sedang pada puncaknya, maka tak heran di pinggir sungai kita temui ada orang
yang seperti kehilangan sesuatu dan sedang mencarinya, mereka sedang mencari batuan yang punya nilai jual. 

Pas saya hampiri salah satu orang yang sedang berada di seputaran galian split, saya tanya "Amang timana kawit?" (Bapa darimana?) dia menjawab "Ti Cisaat jang" dan obrolan pun berlanjut, cuma ada satu hal yang menggelitik dia bilang "Jang batu cimandiri mah tos beresih, tos katingali eusi na batu" jadi dia bilang kalo batu dari cimandiri sudah bisa keliatan walupun belum digosok dan dibentuk, karena lapisan terluarnya sudah bersih. "Cimandiri mah sumberna acis jang, komo tina batu mah" Cimandiri itu sumber uang, salahsatunya pnghasil batu akik berkualitas tinggi. 

Oleh sebab itu warga sekitar berbondong bondong mencari batu di pinggir cimandiri, ada yang memang hoby sama batu akik, ada juga yang hanya iseng mencaribatu untuk dijual kembali.

Anda tertarik? silahkan datang ke pinggiran cimandiri. cari batu yang sesuai dengan keinginan anda. Mudah-mudahan erhasil menemukan batu yang bernilai jual tinggi...



Salam : batu4kik.blogspot.com... 
barabay...........................
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Update Lets Rock

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Popular Posts

Powered by Blogger.

Ngobrol yuk

Rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

Cek Rank

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BATUAKIK.COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger