Saturday, December 27, 2014

enis-Jenis Mineral Alam Berupa Batu Cincin Yang Awam Dipakai Manusia



Chakra-Healing-Gemstones
Chakra Healing Gemstones
Jenis-Jenis Mineral Alam Berupa Batu Cincin Yang Awam Dipakai Manusia
Mineral alam atau di Indonesia lebih dikenal dengan Batu Akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara fisik dan emosional. Batu Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (kesulitan untuk tidur yang parah), memberikan mimpi indah dan memberi kontribusi bagi keseimbangan tubuh. Brikut jenis-jenis akik dengan kemampuannya :
Akik Lumut : dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.
Akik pohon : menolong dalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun.
Akik Garis/Pita : membantu dalam menarik kekuatan energi, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian.
Akik Renda/Jalinan : mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik Renda Biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.
Akik menyerupai bulu burung : menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah.
Akik bintik-bintik : perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu cincin para petualang.
Akik Mata : melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif.

Akik Dendrite : 
menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan.
Akik India: memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional
Akik Botswana : mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan pribadi
Alexandrite : juga dibsebut sebagai chrysoberyl adalah mineral yang mengandungaluminate dari beryllium dengan rumus kimia BeAl2O4 dipercaya dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan. Di Rusia, Alexandrite dipercaya sebagai pembawa pertanda baik. Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e2/Amethyst._Magaliesburg%2C_South_Africa.jpg/320px-Amethyst._Magaliesburg%2C_South_Africa.jpg
Kecubung mentah (rough Amethyst)
Amethyst: yang di Indonesia disebut batu Kecubung merupakan jenis batuan mineral kuarsa, penamaannya berasal dari bahasa Yunani a-methustos, “a” artinya tidak, dan “methustos” artinya mabuk, berarti “tidak memabukkan”,
Batu kecubung merupakan batu lahir bagi seseorang yang lahir di bulan Februari. Batu kecubung biasanya berwarna ungu sampai merah muda.
Dalam sejarah, ungu merupakan warna yang digunakan oleh raja, ratu, dan anggota keluarga kerajaan lain. Karena itulah, para penguasa sering memiliki berlian yang terbuat dari batu kecubung. Amethyst digunakan untuk meningkatkan kekuatan bathin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Legenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9d/Aigue-marine_Pakistan_180308.jpg/428px-Aigue-marine_Pakistan_180308.jpg
Aquamarine (Beryl) asal Pakistan
Aquamarine: Aquamarine atau beryl adalah mineral yang mengandung beryllium aluminium cyclosilicate dengan rumus kimia Be3Al2(SiO3)6 sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih.
Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru.
Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya.
Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.
Bloodstone: Kegunaan utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, memerangi trauma phisik, menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah. Bloodstone dipercayai dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan belaka. Selain fungsinya untuk pengobatan tradisional, selama ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/12/Carnelian_sard_%28mineral_specimen%29.jpg/320px-Carnelian_sard_%28mineral_specimen%29.jpg
Polished carnelian/sard pebbles. Scale is in millimeters
Carnelian: sering juga diucapkan Cornelian,adalah mineral merah kecoklatan yang biasa digunakan sebagai batu permata semi muliayang umumnya lebih keras dan lebih gelap(perbedaan tersebut tidak didefinisikansecara kakudan dua nama yang seringdigunakan secara bergantian). Mineral silika ini diwarnai oleh kotoran oksida besi.Warnanya dapat sangat bervariasimulai darioranye pucat ke warna nyaris hitam yangintens.
Mineral ini paling sering ditemukan di BrazilIndiaSiberiadan Jerman. Carnelian digunakan untuk menjernihkan pikiran (tidak mampu untuk melihat kenyataan). Dapat menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta meningkatkan level/tingkat energi. Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan. Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/16/Chrysoprase_stone_with_white_background.jpg/300px-Chrysoprase_stone_with_white_background.jpg
A polished Chrysoprase stone
Chrysoprase: sering dikenal juga sebagai Chrysoprasus, adalah varietas batu permatadari kalsedon (bentuk cryptocrystalline silika)yang mengandung sejumlah kecil nikel.Warnanya biasanya Hijau Apel hingga Hijau Tua yang gelap.
Varietas hijau gelap dari batu ini juga disebut sebagai prase(Namun, istilah “prase” ini juga termasuk digunakan untuk menggambarkanklorit-kuarsa atau quartz dan sampai batas tertentu adalah warna-descriptor, daripadaberbagai mineral didefinisikan secara ketat).
Mineral ini digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan jiwa/emosi. Sering disebut sebagai Batu Kemenangan (“Victory Stone”). Pada tahun 1800 an, Chrysoprase dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan (invisible). Khasiat lainnya yaitu memperkuat jantung dan mata, membantu konsentrasi dalam bekerja, mencegah mimpi buruk, mengusir iblis dan menghilangkan keruwetan pikiran. Batu ini baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (pengarang, pencipta lagu).
fauzi-bowo_cincin
Citrine: termasuk mineral jenis Quartz, yang warnanya berkisar dari kuning pucatsampai coklat karena kotoran besi (ferric impurities)Citrine di alam sangat jarang dankebanyakan citrines komersial dibuat dari amethysts akan memiliki garis-garis kecil dalam kristal (smokey) sebagai penampilan citrine alami iniHampir mustahil untuk memotongcitrine topaz kuning secara visual ini karena berbeda dalam tingkat kekerasannya.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/32/Citrin_cut.jpg
Citrine
Brazil adalah produsen utama citrinedenganbanyak produksi yang berasal dari negara bagian Rio Grande do SulNama ini berasaldari bahasa Latin “Citrina” yang berarti kuning” dan juga dari kata “citron”.
Kadang-kadang citrine dan amethyst dapat ditemukan bersama dalam kristal yang sama,yang kemudian disebut sebagai Ametrine (Amethyst Citrine)
Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah/spirit, membantu asimilasi dari makanan, membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka serta mengembangkan ketenangan mental.
Diamond: atau kadang disebut Intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/36/Diamond.jpg
A round “brilliant cut” diamond set in a ring.
Intan terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil, dan Australia. Sekitar 130 juta “carat” (26.000 kg) intan ditambang setiap tahun, yang berjumlah kira-kira 9 miliar dollar Amerika Serikat. Selain itu, hampir empat kali berat intan dibuat di dalam makmal sebagai intan sintetik.
Berlian dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur.
Juga membantu mengatasi rasa ketidak-amanan secara material. Semakin baik kwalitas Diamond, semakin baik daya bantunya. Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Di masa kini diamond dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/27/Beryl-130023.jpg
A 5-carat emerald from Muzo, Colombia.
Emerald: atau di Indonesia sering disebut Zamrud, memiliki rumus kimia (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium.
Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.
Kekerasan zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr). Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.
Zamrud digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di syaraf dan tidak adanya persepsi maupun kejernihan bathin.
Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa “Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan”. Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/53/GarnetCrystalUSGOV.jpg/480px-GarnetCrystalUSGOV.jpg
Rough Garnet atau Batu Delima alami
Garnet: atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai “Batu Delima” adalah sejenis mineral silikat. Terdapat sejumlah jenis batu delima yang berbeda, tergantung pada logam yang dikandungnya.
Kristal batu delima yang ditemukan seringkali berukuran besar dan terlihat cantik. Warna batu delima paling umum merah atau ungu, namun bisa juga ditemukan dalam berbagai warna dan sering digunakan sebagai perhiasan.
Di Amerika Serikat, batu delima adalah batu zodiak bagi orang-orang yang lahir di bulan Januari. Kehadiran batu ini di suatu daerah menunjukan disekitar tempat tersebut terdapat intan. Walau belum ada penelitian yang pasti, Garnet dapat menyeimbangkan gangguan di kelenjar Thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan yang tidak mempunyai cukup popularitas.
Goldstone: atau di Indonesia sering disebut sebagai “Pasir Emas”, adalah jenis kaca yangberkilauan dan dibuat dalam ruang beroksigen rendah untuk mengurangi tekanan atmosfir. Produk jadinya diakhiri dengan melapisinya dengan lapisan cat halus dan diukir sedemikian rupa menjadi manik-manikpatung-patungatau artefak lainnya yang cocok untuk batu semi mulia. Goldstone sering dikelirukan atau disalahpahami oleh banyak orang sebagai mineral atau batu berbahan alami.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/92/Goldfluss_%28Aventuringlas%29.jpg/551px-Goldfluss_%28Aventuringlas%29.jpg
Goldstone atau Pasir Emas
Nama lain yang umum dari Goldstone adalahAventurine Glassberdasarkan bahasa Italia,avventurina” (dari avventura, “adventure” atau petualangan”, atau juga “chance” ataukesempatan”). Batu ini juga kadang-kadang disebut Stellaria,”  “sang-e sitara” atau “sun sitara” (Sang berarti ‘batu’ dan Sitara berarti ‘bintang’ dalam bahasa Persiauntukmerefleksikan internal perbintangan,atau “monk’s gold” atau Monkstone” dariasosiasi folkloric dengan perintah monastikyang tidak disebutkan namanya.
Material ini kadang-kadang disebut juga Batu Pasir (sandstone) bila dilihat dengan mata telanjangAnehnya, kaca Aventurine” iniadalah salah satu dari beberapa simulan sintetis untuk memberikan eponim untuk batu alam serupa. Nama mineral Aventurine” digunakan untuk bentuk feldspar atau kuarsadengan inklusi mika yang memberikan penampilan serupa yang berkilauan sebagai istilah teknis untuk fenomena optik iniGoldstone dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara dan merupakan salah satu batu para petualang.
Jade: atau di Indonesia dikenal sebagai Giok, adalah sejenis batu “permata hijau” adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor.
Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai “batu penyelamat” bahkan sebagai “batu kesehatan” oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupun Amerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/00/Jadestein.jpg
Rough Jade atau Giok mentah alami.
Jade atau Giok dikatakan dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana. Disebut sebagai batu dengan keseimbangan yang sangat baik, menolong seseorang untuk menyelaraskan pikiran dan tindakan serta mengatasi kekurang praktisan cara berpikir. Jade adalah intisari dari cinta, dihargai sebagai batu yang spesial.
Dipercayai bahwa beberapa rahasia kebajikan akan menyerap ke dalam tubuh. Legenda mengatakan bahwa penjelajah Spanyol ke Amerika Tengah menggunakan jimat dari Jadeit untuk mencegah serta menyembuhkan sakit pinggul dan ginjal.
Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam. Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium.
Kegunaan lain bagi kesehatan yaitu meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital. Jade Hijau dapat meringankan gangguan pencernaan, membantu fungsi hati dan mengurangi kerusakan pada mata. Jade Merah membantu memerangi penyakit kewanitaan, terutama pada organ kandungan. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/88/Jasper.pebble.600pix.bkg.jpg
Red Jesper
Jasperadalah kalsedon buram silika murni yang terdiri berbagai warna biasanya merah,kuning, coklat atau hijau dan biru namun jarangWarna merah pada umum adalah karena besi dari inklusi.
Mineral ini memiliki permukaan halus dan digunakan untuk hiasan atau sebagai batu permatavassegel atau stempel bahkan kotak tembakau.
Berat jenis batu Jasper biasanya 2,5-2,9Seiring dengan Heliotrope (bloodstone), Jasper adalah salah satu batu kelahirantradisional untuk bulan Maret.
Jaspilite terbentuk dari pembalutan daripembentukan batuan besi yang sering memilikiband khas jasper.
Jasper dipercaya dapat mengusir arwah jahat dan melindungi terhadap ular maupun gigitan laba-laba. Bagi kesehatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung, menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine. Di abad ke 4, Jasper dikenal sebagai pembawa hujan yang hebat. Jenis-jenis Jasper dan bantuan yang dapat diberikan :
– Jasper kulit Leopard, dikatakan dapat memberikan orang apa yang mereka butuhkan.
– Poppy Jasper, membantu memberi kebahagiaan didalam hidup.
– Opalite Jasper, dapat membantu untuk tidur nyenyak.
– Jasper Coklat, membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman.
– Jasper Hijau, membantu fungsi usus kecil, mencegah sembelit, mengurangi kejang pada usus serta memerangi luka di lambung, selain itu juga mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah maupun meningkatkan perilaku mental secara positif.
– Jasper Merah, menyeimbangkan kerja lambung dan pancreas, meningkatkan energi serta memberikan perlindungan terhadap tekanan dari pihak luar
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/a6/Lapis_lazuli_block.jpg
Lapis Lazuli
Lapis Lazuli: pengucapan: [ˈlæpɪs ˈlæzjʉlaɪ]atau [ˈlæzjʉli] LAP-iss LAZ-ew-lye/lee) (kadang-kadang disingkat lapis) adalah batu permata langka yang dihargai sejak zaman kuno karena warna birunya.
Batu ini telah ditambang dari provinsi Badakhshan, Afganistan, selama lebih dari 6.000 tahun. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Lapis Lazuli dapat ditemukan jauh di timur hingga daerah sekitar Danau Baikal di Siberia. Pada zaman kuno, Lapis Lazuli diperdagangkan hingga ke Mesir Kuno, bahkan sampai ke Mauritania.
Lapis Lazuli dipercaya memiliki energi aura yang membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan meluaskan sudut pandang.  Sepertinya batu ini cocok untuk orang Indonesia karena Lapis Lazuli juga membantu ketidakmampuan seseorang untuk memerima kepemimpinan orang lain.
Lapis Lazuli juga baik untuk menentukan pilihan antara kata hati dan nalar, memberikan kebijaksanaan dan kejujuran. Menurut legenda, Lapis melindungi pemakainya dari kekuatan jahat. Merupakan obat untuk kemurungan jiwa dan demam tertentu serta menguatkan tubuh selama mengalami kesadaran spiritual.
Moonstone: atau yang berarti “Batu Bulan” adalah mineral yang mengandung aluminium silikat natrium kalium (sodium potassium aluminium silicate)dengan rumus kimia (Na,K)AlSi3O8. Namanya berasal dari efek visual, atau kemilau, disebabkan oleh difraksi cahaya dalam ukuan mikro yang terdiri dari suksesi reguler lapisan feldspar. Moonstone telah digunakan dalam perhiasan selama berabad-abad, termasuk peradaban kuno.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/fe/AdulaireSuisse2.jpg/320px-AdulaireSuisse2.jpg
Moonstone is a sodium potassium aluminium silicate, with the chemical formula (Na,K)AlSi3O8
Bangsa Romawi mengagumi “Batu Bulan” ini karena mereka percaya bahwa mineral ini tercipta dari sinar bulan yang disatukan. Kedua bangsa Romawi dan Yunani mengaitkan Moonstone dengan dewa bulan mereka. Dalam sejarah yang lebih baru, batu bulan itu menjadi populer selama periode Art Nouveau.
Moonstone ditambang di Australia,Pegunungan Alpen di AustriaMeksiko,MadagaskarBurmaNorwegiaPolandia,IndiaSri Lanka dan Amerika Serikat
Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera. Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat. Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Legenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih karena akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.
Onyx: Mineral Onyx adalah salah satu banded dari jenis kalsedonWarnanya yangberkisar dari putih hingga ke hampir setiap warna (menyimpan beberapa warnasepertiungu atau biru). Umumnyaspesimen onyx berjenis hitam dan / atau putih. Onyxterbentuk dari band Chalcedony dalam warna yang beragam. Dalam hal inicryptocrystalline yang terdiri dari intergrowths halus dari mineral silika kuarsa danmoganite.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/1/14/Black_Onyx.jpg
Mineral jenis Onyx (Black Onyx)
Garis guratannya adalah sejajar satu sama lainyang bertentangan jika dibanding yang sering terjadi pada jenis Agate yang lebih kacau.
Sedangkan jenis Onyx Sardonyx adalah variandi mana guratannya berwarna sard (warnamerah) dan bukan hitam. Onyx hitam adalahvarietas yang paling terkenaltetapi tidakbiasa seperti onyx dengan guratan yangberwarna-warna.
Perawatan buatan telah digunakan sejak zaman kuno untuk menghasilkan baik warnahitam onyx hitam” dan merah dan kuning disardonyxKebanyakan onyx hitam” di pasarartifisial berwarna.
Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri. Onyx Hitam digunakan untuk merubah suatu kebiasaan buruk. Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak. Sard adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir. Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.
Opal: digunakan untuk melihat posibilitas, membantu seseorang memiliki kapasitas untuk berbagi rasa cinta dan meningkatkan kestabilan psikis. Orang Arab percaya bahwa opal jatuh dari surga saat banyak petir, dari situ Opal mendapat warnanya yang berapi. Zaman dulu Opal dianggap sebagai lambang kejujuran dan percaya diri.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/60/Rainbow_Shield_Mintabie_Opal_Pendant.jpg/480px-Rainbow_Shield_Mintabie_Opal_Pendant.jpg
The “Rainbow Shield,” an opal pendant made with Australian gem opal. (wikipedia)
Opal sangat kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Karena Opal berkualitas mengandung semua warna dari batu kelahiran lain, dapat dipergunakan atau diisi dengan energi serta kekuatan dari kombinasi semua batu kelahiran, juga digunakan untuk menggantikan batu kelahiran lain didalam menyebut mantra, ritual atau keperluan lain dari kekuatan sihir.
Sering dihubungkan dengan alam maya dan penonjolan astral, juga digunakan untuk memanggil kembali kehidupan yang lalu (tiap warna mewakili sebuah kehidupan dari masa lalu).
Opal memiliki kemampuan untuk penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini. Dari segi kesehatan Opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein. Fire Opal sering digunakan didalam kegiatan pengumpulan dana bagi yang membutuhkan, biasa dikenakan sebagai liontin dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 Diamond, dipercaya mempunyai kekuatan untuk mengumpulkan uang yang hebat.
Opal Hitam adalah alat pilihan tukang sihir/sulap, digunakan untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka. Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung sebagai kalung dan terbuat dari emas dikatakan dapat mengusir setan, melindungi orang dari mata setan, melindungi pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga telah digunakan sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan tubuh, mengusir mimpi buruk dan sebagai alat untuk meningkatkan energi.
Opal Putih kalau digunakan pada ritual disaat malam bulan purnama, dikatakan membawa kekuatan dari Dewi Bulan bagi tercapainya harapan bagi orang yang melaksanakannya. Opal sangat dihargai pada abad pertengahan, disebut sebagai “ophthalmios” atau “Batu Mata,” dikarenakan kepercayaan yang luas bahwa Opal bermanfaat bagi indra pengelihatan dan menyembuhkan penyakit mata. Wanita berrambut pirang memakai kalung Opal untuk melindungi dari hilangnya warna rambut mereka. Opal Hitam dihargai sebagai batu yang sangat membawa keberuntungan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/af/White_pearl_necklace.jpg/360px-White_pearl_necklace.jpg
Kalung dari Mutiara
Mutiara: atau bahasa Inggrisnya disebutPearl, adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Sama seperti cangkang-nya, mutiara terdiri dari kalsium karbonat dalam bentuk kristal yang telah disimpan dalam lapisan-lapisan konsentris.
Mutiara yang ideal adalah yang berbentuk sempurna bulat dan halus, tetapi ada juga berbagai macam bentuk lain. Mutiara alami berkualitas terbaik telah sangat dihargai sebagai batu permata dan objek keindahan selama berabad-abad, dan oleh karena itu, kata “mutiara” telah menjadi metafora untuk sesuatu yang sangat langka, baik, mengagumkan, dan berharga.
Mutiara sangat mahal harganya kalau di jual dan dijadikan perhiasan sangat bagus untuk dunia fashion. Mutiara berharga terdapat di alam liar, tapi dalam kuantitas yang sangat jarang. Mutiara budidaya atau mutiara yang berasal dari tiram merupakan mayoritas dari mutiara-mutiara yang dijual di pasaran. Mutiara laut dihargai lebih tinggi dari mutiara air tawar. Yang banyak dijual dengan harga murah adalah mutiara imitasi, tapi kualitasnya biasanya jelek.
Mutiara dipercaya dapat menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan feminitas. Kegunaan lain yaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ee/Peridot2.jpg/435px-Peridot2.jpg
Peridot
Peridot: adalah permata berkualitas olivin.Olivine adalah mineral silikat dengan rumus(Mg, Fe)2SiO4. Sedangkan mineral Peridotadalah mineral yang kaya magnesium(forsterite) dengan rumus pendekatanMg2SiO4.
Peridot adalah salah satu dari beberapa batu permata yang hanya satu warna, hijau zaitun.Intensitas dan warna hijaunya tergantung pada seberapa banyak zat besi yang terkandung dalam struktur kristalsehingga warna permata peridot individu dapat bervariasi dari kuning, hijau zaitun,hingga hijau kecoklatanWarna yang palingberharga adalah hijau zaitun gelap.
Energi dari mineral Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Legenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari teror di malam hari. Untuk kesehatan, Peridot membantu fungsi dari kelenjar adrenal, memberikan keseimbangan energi fisik dan membantu orang yang terlalu sering mengalami ketegangan emosional/stress.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4a/Quartz_oisan.jpg/477px-Quartz_oisan.jpg
Quartz atau Kuarsa
Quartz: atau Kuarsa adalah salah satu mineral yang umum ditemukan di kerak kontinen bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³.
Bentuk umum quartz atau kuarsa adalah prisma segi-enam yang memiliki ujung piramida yang juga segi-enam. Energi dari mineral Quartz digunakan untuk keseimbangan, meningkatkan energi, memerangi pikiran negatif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan berbagai penyembuhan.
Quartz juga mengatasi perasaan tidak diinginkan atau penolakan yang diterima seseorang. Quartz bening tanpa warna yang dibentuk sebagai bola kristal, telah digunakan oleh peramal sejak abad pertengahan untuk melihat dan memperkirakan masa depan. Jenis-jenis Quartz dan bantuan yang dapat anda terima adalah :
– Druzy Quartz : Membantu seseorang yang tidak memiliki kecakapan untuk memahami persoalan (tidak mempunyai pengertian yang mendalam)
– Rutilated Quartz : Mengurangi cara berpikir yang negatifnya saja.
– Smokey Quartz/Kwarsa Coklat : Memberi dukungan emosional
– White Quartz/Kwarsa Putih : Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri.
Rose Quartz: Rose Quartz digunakan untuk keseimbangan emosi bagi seseorang, untuk hati yang terbuka dan untuk meminta maaf/pengampunan. Rose Quartz juga dipercaya dapat mempertahankan keremajan kulit serta mengatasi rasa rendah diri yang parah.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0d/Ruby_cristal.jpg/344px-Ruby_cristal.jpg
Rough Rubi atau Rubi mentah alami
Ruby: atau dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai batu Mirah Delima atau Merah Delima, adalah batu permata berwarna merah yang dapat bervariasi antara merah muda hingga merah darah dan merupakan salah satu jenis dari mineral korundum (aluminium oksida).
Warnanya terutama disebabkan oleh kromium. Namanya berasal dari buah delima yang isinya berwarna merah.
Rubi alami sangat jarang, tetapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Rubi dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan. Harga batu rubi terutama ditentukan oleh warna.
Warna merah paling berkilau dan paling bernilai dapat berharga sangat tinggi melampaui rubi lain dengan mutu yang sama. Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan: batu yang jernih menandakan harga tinggi.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/f0/Ruby_gem.JPG
Ruby
Energi dari mineral Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan.
Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.
Sapphire: atau Safir, adalah mineral berbentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi padaboule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/be/Logan_Sapphire_SI.jpg
Blue Shappire
Safir adalah kelompok korundum yang termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh yang penuh, yang dikenal sebagai rubi.
Dari energinya, Safir dipercaya dapat menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup. Raja-raja mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (tolak bala).
Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa sirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Batu dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik. Untuk kesehatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/35/Topaz-2.jpg/440px-Topaz-2.jpg
Colorless topaz, Minas Gerais, Brazil
Topaz: adalah mineral silikat yang terdiri dari aluminium dan fluorin dengan formula kimia Al2SiO4(F,OH)2. Topaz mengkristal dalam bentuk ortorombik dan sebagian kristalnya berbentuk prisma berujung piramida atau bentuk lain.
Topaz murni tidak berwarna dan transparan namun biasanya diwarnai oleh impuritas; topaz biasa berwarna kuning, abu-abu muda atau jingga kemerahan, dan biru cokelat.
Selain itu ada juga warna putih, hijau muda, biru, emas, merah jambu (langka), kuning kemerahan atau opak sampai transparan.
Topaz sering dikaitkan dengan batuan beku silisik jenis granit dan riolit. Mineral ini mengkristal di dalam pegmatit granit atau lubang uap di aliran lava riolit seperti di Pegunungan Topaz di barat Utah.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/34/Large_Topaz_Gemstones.jpg
Berbagai jenis warna dari mineral Topaz
Topaz dapat ditemukan bersama fluorit dan kasiterit di berbagai daerah termasuk Pegunungan Ural dan Ilmen di Rusia, Afghanistan, Sri Lanka, Republik Ceko, Jerman, Norwegia, Pakistan, Italia, Swedia, Jepang, Brazil, Meksiko, Pulau Flinders, Australia, Nigeria, dan Amerika Serikat.
Energi dari mineral Topaz digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih.
Zaman dahulu, ukiran burung elang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan. Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan. Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar.

Schorl Tourmaline
Tourmaline: adalah kristal silikat dengan unsur-unsur mineral seperti aluminium, besi, magnesium, natrium, litium, atau kalium.Turmalin diklasifikasikan sebagai semi-batu berharga. Turmalin berasal dari bahasa Sinhala “turamali” atau “toramalli” yang berarti batu permata Sri Lanka. Tourmaline digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jaringan lymphatic dan anemia.
Tourmaline juga digunakan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan. Tourmaline Pink untuk perlindungan dan meningkatkan keseimbangan pada wanita, sedang Tourmaline Hijau meningkatkan keseimbangan pada pria. Menurut legenda, pemakainya akan diperingatkan dari adanya bahaya dan kekurang beruntungan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/4/4b/Turquoise_Cerillos_Smithsonian.jpg/320px-Turquoise_Cerillos_Smithsonian.jpg
Turquoise
Turquoise: atau dalam bahasa Indonesia sering disebut Pirus, merupakan mineral tidak tembus cahaya berwarna Biru Toska yang dianggap sebagai batuan berharga karena warnanya yang unik. Istilah pirus berasal dari kata bahasa arab Fairuz (فيروز).
Warna Biru Toska adalah warna perpaduan antara biru yang sedikit kehijau-hijauan. Warna ini merupakan warna lautan atau samudera.
Kata turquoise ini datang dari kata dalam bahasa Perancis untuk “Turkish”, karena batu Pirus aslinya diimpor bangsa Eropa melalui Turki. Catatan pertama penggunaan dari kataturqouise sebagai warna dalam bahasa Inggris yaitu pada tahun 1573. Pada kenyataannya mineral Pirus tak terpaut hanya berwarna Biru-Hijau yang berarti didominasi warna biru, namun ada juga Pirus yang berwarna Hijau-Biru yang berarti didominasi oleh warna hijaunya.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/b8/Turquoise.pebble.700pix.jpg/434px-Turquoise.pebble.700pix.jpg
Turquoise, tumble finished, one inch (25 mm) long.
Energi dari mineral dari Pirus dipercaya dapat membantu orang dalam memulai usaha baru.
Dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya.
Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda.
Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi.
Orang Indian percaya bahwa jika turquoise direkatkan di busur, anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya. Juga dipercayai akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan.
Zircon: adalah batu mineral dengan beberapa macam warna. Dengan rumus kimia ZrSiO4 (zirkonium silikat), bobot jenis 4-4,8, kekerasan 7-7,5, mempunyai kemampuan mendispersikan cahaya sehingga kelihatan berkilauan yang hanya kalah dari kilauan intan.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/52/Zirc%C3%A3o.jpeg
Zircon crystal from Tocantins, Brazil (2×2 cm) (wikipedia)
Seperti Crystal, Zircon digunakan untuk berbagai penyembuhan. Zircon membantu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan mengatasi perasaan negatif atau rasa frustasi serta meningkatkan perilaku positif.
Juga membuat pemakainya lebih bijaksana, terhormat dan kaya. Hilangnya cahaya/kilau dari sebuah Zircon dikatakan memperingatkan akan adanya bahaya bagi pemiliknya.
Batu Mineral Berdasarkan Zodiak
Batu akik adalah batu alam dengan energi alam dimana setiap energi memiliki aura prositif dan negatif yang tentunya memiliki efek jika dikenakan oleh pemakainya, sebagai referensi pilihlah jenis batu yang cocok atau sesuai dengan jenis kelahiran atau zodiak kita bisa lihat dalam tabel berikut :
Tanda Bintang
Batu Kelahiran
Batu Planet
Batu Keberuntungan
Capricorn (22 Des-19 Jan)Ruby / Mirah, Garnet, Agate / AkikLapis LazuliRuby / Mirah
Aquarius (20Jan-18 Feb)Garnet, Moss Agate / Akik Lumut, Opal / Kalimaya, Amethyst / KecubungTurquoise / PyrusGarnet, Hyacinth
Pisces (19 Feb-20 Mar)Amethyst / Kecubung, Rock Crystal, Sapphire, BloodstoneAquamarineAmethyst / Kecubung
Aries (21 Mar-19 Apr)Bloodstone, Diamond / IntanJasper / Hati AyamDiamond / Intan, Jasper / Hati Ayam, Bloodstone
Taurus (20 Apr-20 Mei)Sapphire, Amber, Turquoise / Pyrus, Blood Coral, Emerald / ZamrutEmerald / Zamrut, AventurineSapphire, Diamond / Intan
Gemini (21 Mei-20 Jun)Agate / Akik, Pearl / Mutiara, ChrysopraseTiger Eye / Mata MacanAgate / Akik, Emerald / Zamrut
Cancer (21Jun-22Jul)Emerald / Zamrut, Pearl / Mutiara, Ruby / Mirah, MoonstoneMoonstoneEmerald / Zamrut, Agate / Akik, Chalcedony
Leo (23Jul-22Agst)Tourmaline, Sardonyx, OnyxRock CrystalPeridot, Onyx, Amber
Virgo (23Agst-22Sep)Pink Jasper / Hati Ayam Pink, Jade / Giok, Carnelian, SapphireCitrine / Kwarsa kuningCarnelian, Sardonyx
Libra (23Sep-22Okt)Opal / Kalimaya, Lapis Lazuli, PeridotSapphireOpal / Kalimaya, Chrysolite, Sardonyx
Scorpio (23Okt-21Nov)Aquamarine, TopazGarnet, Ruby / MirahAquamarine, Beryl
Sagittarius (22Nov-21Des)Sapphire, Topaz, Amethyst / Kecubung, Turquoise / PyrusTopazTopaz, Pearl / Mutiar
Itulah beberapa khasiat dan kegunaan mineral alami yang sering digunakan oleh manusia. Namun janganlah anda percaya 100%, karena itu semua tergantung pula oleh mental, psikologi dan cara pemikiran anda.
Sedangkan ada tidaknya peran penting Batu Mulia secara non saintis terkait dengan dunia mistik, musyrik atau berkaitan dengan jin bisa dibilang tidak ada. Namun yang terjadi bisa lebih parah, yaitu menyekutukan Tuhan dengan meminta sesuatu kepada banda mati itu sangat tak dianjurkan, karena semua kekuatan berasal dari Allah Ta’alaa dan kembali kepada Allah Ta’alaa.  (olah artikel: IndoCropCircles/ berbagai sumber)
batu berdasarkan zodiak


((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))

0 comments:

Post a Comment

Contact

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Menu Halaman Statis